hosting
Breaking News
Loading...
Saturday, January 10, 2009

Membuat Servo Controller Sendiri Untuk Robot Berkaki

Dalam membuat modul servo controller ini dibutuhkan komponen-komponen sebagai berikut : 2 buah mikrokontroler PIC 16F84, 2 buah soket IC 18 pin, 2 buah kristal 20 MHz, 4 buah kapasitor 22 pf, 2 buah resistor 10 kΩ, PCB polos, 1 buah konektor 2 pin (supply tegangan), 12 buah konektor 3 pin (ke motor servo), 1 buah konektor 8 pin (input 8 bit), Kabel dan timah secukupnya.

Gambar Rangkaian pengendali motor servo menggunakan mikrokontroller PIC 16F84 download di BOX File saya.

Untuk membuat rancangan ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat lay out PCB-nya dengan menggunakan program aplikasi PCB desain misalnya Protel, Diptrace, atau pun program lain kemudian cetak hasilnya dengan printer selanjutnya transferlah hasil print tadi kedalam PCB polos yang telah dipotong sesuai ukuran kemudian larutkan dengan pelarut PCB. Apabila telah selesai pasang komponen-komponennya dengan benar kemudian solderlah kaki-kaki komponen dengan menggunakan timah.
Untuk rekan2 yang membutuhkan source code program harap mengirimkan email ke : sudar_robotics@yahoo.com atau cari file-nya di BOX file yang ada di sebelah kanan blog, semua code program yang ada pada kami sifatnya hanya membantu untuk selebihnya tergantung modifikasi anda. Terimakasih.

0 comments:

Copyright © 2013 Sudar Tekno All Right Reserved